Jumat, 07 Desember 2012

Apa itu Barista???

Barista, Mungkin ada yang tahu dan mungkin juga ada yang asing di telinga kita. Barista adalah suatu pekerjaan yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi yang berbasis espresso kepada pelanggan. kata "barista" merupakan  bahasa dari Italia yang berarti "pelayan bar", dan bagi saya bekerja sebagai barista adalah posisi yang terhormat. Posisi Barista di outlet merupakan ujung tombak bagi kami untuk kita saling berbagi mengenai kenikmatan secangkir kopi dan arti sebuah persahabatan. Dan espresso bukan hanya sekedar kopi biasa, karena espresso merupakan puncak kenikmatan dan kesempurnaan dari kopi tersebut. Bagaimana tidak, untuk membuat secangkir espresso, seorang Barista dituntut untuk tidak hanya mengandalkan mesin espresso (NOT People behind the Machine) yang kita tahu terdapat mesin espresso yang hanya tinggal tekan tombol maka semuanya pun jadi, tetapi lebih dari itu seorang Barista harus bisa untuk melakukan penyesuaian atas nama standard espresso dan keunikan dari customer.
Penyesuaian ini mustahil bisa diraih apabila seorang Barista tidak dibekali (baca: belajar) tentang karakter kopi, karakter espresso, keahlian rasa, dan juga jam terbang yang tinggi. Mempersiapkan shot espresso melibatkan sejumlah proses yang detail dan kompleks, mulai dari melakukan penyesuaian grinder (penggiling biji kopi) untuk menentukan halus kasar nya kopi, dosing, levelling, tamping untuk mencapai sebuah flow espresso yang standard, standard disini tidak kami definisikan sebagai 1 shot sebanyak 25 ml selama 20 - 30 detik, tetapi mencapai best spot dari karakter kopi tersebut. Best spot ini lah yang membutuhkan kompleksitas dari seorang Barista.
Itu dari sisi teknis, selain itu, seorang Barista juga harus bisa untuk menikmati bersama (baca: menerangkan) dengan customer nya sebagai wujud arti sebuah hasrat dari keahlian teknis yang ia miliki. Melangkah lebih jauh lagi, akhirnya seorang Barista mampu untuk mewujudkan sebuah pertunjukan seni dari menikmati kopinya kopi (espresso) dalam bentuk latte art, roasting, dan perlakukan khusus seorang Barista lainnya.
Job description seorang barista ini agak berbeda dari pelayan toko biasa. Hal yang membedakan adalah seorang barista diharuskan bisa menjadi seorang multi tasked person. Artinya, dia tidak hanya berfungsi sebagai waiter, tetapi juga bisa menjadi kasir, bisa menjadi house-keeping, artinya merawat dan membersihkan barang-barang yang berkaitan dengan rumah tangga, seperti piring, gelas, dan lainnya. Selain itu juga, barista diharapkan juga bisa mengoperasikan semua alat operasional yang digunakan. Bahkan, dapat memperbaiki alat yang ngadat atau sedikit rusak, kecuali jika memang alat tersebut sudah benar-benar membutuhkan bantuan teknisi, tentunya.
Hmm...cukup menarik bukan? kami undang Anda untuk menjadi seorang Barista yang kami harapkan kita bisa berbagi akan hasrat tentang kopi terbaik, best spot, sehingga akhirnya Kopi Indonesia bisa lebih banyak bebicara di dunia Internasional. Kalau sudah begini, siapa yang diuntungkan? Ya, Anda, kami, kita, customer, hingga petani kopi kita di Indonesia yang keberadaan mereka , kalau kami menyebutnya telah 'diambang kebimbangan secara ekonomi'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar